Mahasiswa Baru

22 09 2011

Sekitar bulan Mei tahun 2010 lalu tatkala saya terakhir kali mengupdate blog ini dengan suatu tulisan, atau bahkan beberapa waktu lalu sebelum saya kembali mengecek blog ini dan merapikannya, nampaknya saat itu masih terpampang kalau status saya pada saat terakhir mengurus blog ini saya masih berada di kelas 11 SMA atau kelas 2 SMA. Kira-kira sebulan atau dua bulan setelahnya saya dinyatakan naik ke kelas 3 SMA, masa-masa yang saya rasa sangat sibuk dan memusingkan akibat berbagai hal yang harus saya hadapi seperti Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tahun banyak menghadapi keombang-ambingan seperti yang saya bahas di tulisan saya sebelum ini. Untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan pada tahun 2011, para peminat dibuat bingung dengan perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru yang terkesan dadakan dan bahkan agak maksa, semisal dengan peniadaan jalur mandiri di beberapa PTN yang pada tahun-tahun sebelumnya sudah dilaksanakan, kemudian dengan adanya juga jalur SNMPTN Undangan (jalur tanpa tes dengan raport dan prestasi lainnya) yang sampai sekarang juga masih masih menjadi kontroversi akibat penilaian yang dianggap tidak transparan dan kuota yang diberikan juga terlalu banyak lewat jalur itu, sistem yang serba dadakan dan tidak jelas ini membuat banyak pihak kecewa dengan diadakannya jalur ini (termasuk penulis)

Namun nampaknya segala jenis kegalauan dan degdegan yang saya rasakan dan upaya-upaya yang saya sudah kerjakan seperti bimbel bolak-balik Jakarta-Depok sampai menginap disana terbayar sudah tatkala melihat pengumuman hasil tes seleksi, saya lulus dan diterima di jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia melalui jalur SIMAK UI setelah sebelumnya juga diterima di jurusan lain di Universitas yang sama melalui jalur SNMPTN, namun atas pertimbangan dari orangtua dan teman-teman saya memutuskan mengambil jurusan Manajemen, jurusan yang memang sebenarnya saya sudah inginkan sejak kelas 3 SMP dahulu.

Tapi euforia diterima itupun tidak bisa terlalu lama juga, setelahnya saya pun harus kembali bersiap-siap untuk menghadapi dunia perkuliahan yang setelah saya jalani selama ini memang nampaknya berbeda sekali dengan SMA, sebagai mahasiswa baru juga saya pun juga harus mengikuti beberapa rangkaian kegiatan orientasi yang diselenggarakan, kurang lebih inilah beberapa yang harus diikuti oleh mahasiswa baru di kampus saya Universitas Indonesia.

1. Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU) : Disebut juga dengan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK), acara orientasi tingkat universitas. Jujur, menurut saya kurang seru, acara hanya diisi oleh berbagai talkshow dan kegiatan euforia mahasiswa, ada beberapa tugas yang diberikan tapi nampaknya juga tidak terlalu penting, tidak ada penilaian khusus selain tanda di nametag jika tidak mengerjakan, tapi tidak ada ruginya juga mengerjakan sih khususnya yang kelompok, bisa dapat teman baru.

2. Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) : Di Fakultas saya (FEUI) disebut juga dengan Orientasi Pengenalan Kampus (OPK), dibandingkan dengan OKK, OPK menurut saya lebih seru dan tidak membosankan, pembuatan tugas-tugas dan atribut yang diberikan sangat mengesankan, acara keseluruhan nampak cukup santai walaupun pada saat disiplin pagi dan disiplin sore ada panitia yang disebut dengan Komisi Disipliner (Komdis) yang cukup membuat suasana tegang, walaupun demikian, acara OPK pada angkatan saya sekarang ini nampaknya masih jauh lebih ringan dari tahun-tahun sebelumnya, pada orientasi kali ini juga saya mendapatkan banyak teman baru.

3. Orientasi Belajar Mengajar (OBM) : Sejenis simulasi perkuliahan, pada sesi orientasi kali ini diajarkan bagaimana caranya kiat-kiat belajar dengan baik di perkuliahan, acara ini santai dan banyak games ditengah-tengahnya, tetapi kalau tidak ikut konon tidak bisa ikut MPKT (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi) , seharusnya sesi ini cukup menyenangkan tetapi karena suatu dan lain hal saya tidak bisa menikmatinya, hahaha.

Selain itu juga, begitu masuk kuliah biasanya ada juga orientasi jurusan atau masa bimbingan, di Fakultas saya seminggu pertama ada yang dinamakan Pasca-OPK, dimana mahasiswa-mahasiswa baru akan diberikan tugas-tugas untuk Pasca-OPK sembari berkuliah juga, pada masa ini di Fakultas saya mahasiswa baru wajib memakai atribut berupa nametag dan jaket kuning serta tidak diperkenankan makan di kantin dan meninggalkan fakultas tanpa izin sebelum mentoring sore selama seminggu, maka dari itu mahasiswa baru sangat disarankan untuk membawa bekal dari rumah. Dan pada minggu depannya, yaitu minggu ini saat saya menulis, ada juga kegiatan perkenalan setiap departemen selama 3-4 hari sepulang kuliah, berbeda dengan kegiatan orientasi jurusan di fakultas lain, kegiatan orientasi jurusan di fakultas saya sangat santai, diisi dengan games, sharing senior dan alumni, dan ada juga pemilihan ketua angkatan. Dan minggu depan juga akan diadakan Sosial Act yang akan dilaksanakan di Cijeruk, Bogor selama empat hari tiga malam.

Yah, semoga saya bisa menjalaninya dengan baik, hehehe

Aksi

Information

4 responses

22 09 2011
Boneka Santet

CIIIIEEEEEE MAHASISWAAAAA~
*minta dibakar*
*diusir*

3 10 2011
Xaliber

CIEEEE MABAAAA

4 08 2013
jersey bola

Hello everyone, it’s my first visit at this web page, and paragraph is in fact fruitful in support of me, keep up posting these types of posts.

8 09 2015
guru les privat

selamat berkarya sukses selalu untuk anda

Tinggalkan Balasan

