Masa Depan

30 07 2009

Apakah yang ada dalam pikiran anda ketika berbicara mengenai masa depan?

Pada awalnya, saya tidak terlalu tertarik untuk membicarakan hal satu ini. Selain karena berbau hal-hal sains yang dimana saya tidak terlalu tertarik atau mengerti dalam permasalahan itu. Dan lagipula masa depan itu sendiri tidaklah pasti, perubahan terjadi sangat cepat.

future_city_downtown

Sekitar beberapa tahun yang lalu handphone yang memiliki Bluetooth dan berkamera terhitung sangat canggih, padahal saat ini kedua fitur itu sangat umum. Pada 10-12 tahun yang lalu bahkan bisa menelpon dan mengirim pesan melalui benda yang bisa dibawa2 di saku sudah merupakan kemewahan. Apakah pada era The Beatles berjaya anda bisa membayangkan adanya Komputer pribadi speerti sekarang? Pernahkan di tahun 1970-an terbayangkan adanya Music Player yang bisa dikalungkan? Atau bahkan, pernahkah dulu anda berpikir bagaimana caranya bisa betah di tempat yang sama sebelum adanya TV, Radio, Komputer, dll?

Perubahan itu sangat cepat, dalam dekade 1990-an dan 2000-an saja perubahan sudah lebih pesat daripada antara dekade 1950-an hingga 1980-an. Dan juga lebih pesat daripada era 1890-an hingga 1940-an. Jarak pada kepesatan perkembangan semakin lama semakin cepat. Hal ini membuat sebagian orang menjadi cukup berharap, tapi saya malah merasa sedih. Kenapa?

Semakin banyak teknologi, maka manusiapun semakin lama semakin instan yang menyebabkan kemalasan. Kemalasan inilah yang menjadi titik balik kehidupan manusia. Di masa depan yang sering dikatakan banyak orang, manusia akan memperoleh kemudahan dari berbagai teknologi. Kemudahan itu harus dibayar mahal nantinya dengan beberapa hal ini :

1. Sosial

Dalam perkembangan selanjutnya dunia Teknologi Informasi, manusia akan dipermudah dalam memperoleh kebutuhannya dengan memperluasnya fungsi Internet. Mungkin di masa depan segala pekerjaan akan dilakukan dari Komputer rumah. Yang berakibat akan kurangnya interaksi langsung dengan seseorang. Ditambah lagi, banyaknya teknologi menyebabkan tenaga fisik kurang dibutuhkan dan akibatnya banyak yang kehilangan pekerjaan. Dan terjadilah kesenjangan lebih

2. Kesehatan

Semakin banyak kemudahan, semakin malas, semakin kurang gerak. Maka penduduk masa depan akan lebih loyo dan mudah sakit dibandingkan sekarang. Belum lagi keadaan lingkungan yang memburuk akibat adanya Climate Change. Dan pastinya penyakit akan semakin mengganas

3. Lingkungan Hidup

Semakin banyak teknologi, semakin banyak emisi, dan semakin rusak juga lingkungan hidup kita. Efek samping teknologi bisa saja menyebabkan kehancuran. Belum lagi terlalu banyak teknologi menyebabkan kita semakin cuek dengan lingkungan hidup.

Akan seperti inikah masa depan? Bagaimana menurut anda?

Iklan

Aksi

Information

One response

9 09 2009
Garry RP

Telekomunikasi kyknya g lam lagi,trus emisi paling akan terganti dgn minya biji matahari / minyak tanaman lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: