Air

16 05 2009

Huff… Akhirnya penulis mendapatkan inspirasi untuk menulis tulisan ini setelah mandi, memang mandi menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyegarkan. Terkadang mampu menenangkan jiwa yang sedang panas dan gatal, menghilangkan lelah, serta mampu menciptakan inspirasi. Mandi dengan air bersih baik panas atau dingin memang sangat menyenangkan.

Berbicara mengenai air, mari kita agak merenungi sedikit mengenai air. Selaku salah satu sumber kehidupan terpenting, air sangatlah diperlukan oleh banyak makhluk. Manusia membutuhkannya untuk minum, mandi, mencuci, membuat makanan (memasak), dan banyak hal lainnya. Makhluk lainpun juga membutuhkannya untuk kelangsungan hidup mereka sendiri. Intinya, air sangatlah diperlukan untuk kelangsungan hidup hampir seluruh makhluk.

Sayangnya, walaupun Bumi dijuluki Planet Biru karena sebagian besar permukaan Bumi (71%) adalah air. Tapi hanya 0,6% dari keseluruhannya yang dapat kita dan makhluk2 lain gunakan. 97% lainnya adalah air laut dan 2,4% lainnya adalah es. Dan selain itu air tidak dapat diperbaharui, hanya dapat didaur ulang dari sisa2 pemakaian yang sudah ada. Jadi jumlah itu rasanya tidak akan bertambah, kecuali jika suatu saat manusia dapat mengubah kandungan air laut menjadi seperti air tawar.

Mengenai air, coba baca kisah yang saya lihat dari Facebook Profile teman saya ini. Walau hanya hoax, tapi lumayan menginspirasikan.

Kepada

Yth

Manusia

Di

Tahun 2009

Aku hidup di tahun 2070. Aku berumur 50 tahun, tetapi kelihatan seperti sudah 85 tahun.

Aku mengalami banyak masalah kesehatan, terutama masalah ginjal karena aku minum sangat sedikit air putih.

Aku fikir aku tidak akan hidup lama lagi. Sekarang, aku adalah orang

yang paling tua di lingkunganku, Aku teringat disaat aku berumur 5

tahun semua sangat berbeda, masih banyak pohon di hutan dan tanaman

hijau di sekitar, setiap rumah punya halaman dan taman yang indah, dan

aku sangat suka bermain air dan mandi sepuasnya.

Sekarang, kami harus membersihkan diri hanya dengan handuk sekali pakai yang di basahi dengan minyak mineral.

Sebelumnya, rambut yang indah adalah kebanggaan semua perempuan.

Sekarang, kami harus mencukur habis rambut untuk membersihkan kepala

tanpa menggunakan air.

Sebelumnya, ayahku mencuci mobilnya dengan menyemprotkan air langsung

dari keran ledeng. Sekarang, anak-anak tidak percaya bahwa dulunya air

bisa digunakan untuk apa saja.

Aku masih ingat seringkali ada pesan yang mengatakan:” JANGAN MEMBUANG BUANG AIR”

Tapi tak seorangpun memperhatikan pesan tersebut. Orang beranggapan

bahwa air tidak akan pernah habis karena persediaannya yang tidak

terbatas. Sekarang, sungai, danau, bendungan dan air bawah tanah

semuanya telah tercemar atau sama sekali kering. Pemandangan sekitar

yang terlihat hanyalah gurun-gurun pasir yang tandus. Infeksi saluran

pencernaan, kulit dan penyakit saluran kencing sekarang menjadi

penyebab kematian nomor satu. Industri mengalami kelumpuhan, tingkat

pengangguran mencapai angka yang sangat dramatik. Pekerja hanya dibayar

dengan segelas air minum per harinya.Banyak orang menjarah air di

tempat-tempat yang sepi. 80% makanan adalah makanan sintetis.

Sebelumnya, rekomendasi umum untuk menjaga kesehatan adalah minum

sedikitnya 8 gelas air putih setiap hari. Sekarang, aku hanya bisa

minum setengah gelas air setiap hari.

Sejak air menjadi barang langka, kami tidak mencuci baju, pakaian bekas

pakai langsung dibuang, yang kemudian menambah banyaknya jumlah sampah.

Kami menggunakan septic tank untuk buang air, seperti pada masa lampau, karena tidak ada air.

Manusia di jaman kami kelihatan menyedihkan: tubuh sangat lemah; kulit

pecah-pecah akibat dehidrasi; ada banyak koreng dan luka akibat banyak

terpapar sinar matahari karena lapisan ozon dan atmosfir bumi semakin

habis. Karena keringnya kulit, perempuan berusia 20 tahun kelihatan

seperti telah berumur 40 tahun.

Para ilmuwan telah melakukan berbagai investigasi dan penelitian,

tetapi tidak menemukan jalan keluar. Manusia tidak bisa membuat air.

Sedikitnya jumlah pepohonan dan tumbuhan hijau membuat ketersediaan

oksigen sangat berkurang, yang membuat turunnya kemampuan intelegensi

generasi mendatang.

Morphology manusia mengalami perubahan… yang menghasilkan/ melahirkan

anak-anak dengan berbagai masalah defisiensi, mutasi, dan malformasi.

Pemerintah bahkan membuat pajak atas udara yang kami hirup: 137 m3 per

orang per hari. [31.102 galon]

Bagi siapa yang tidak bisa membayar pajak ini akan dikeluarkan dari

“kawasan ventilasi” yang dilengkapi dengan peralatan paru-paru mekanik

raksasa bertenaga surya yang menyuplai oksigen. Udara yang tersedia di

dalam “kawasan ventilasi” tidak berkulitas baik, tetapi setidaknya

menyediakan oksigen untuk bernafas.Umur hidup manusia rata-rata adalah

35 tahun.

Beberapa negara yang masih memiliki pulau bervegetasi mempunyai sumber

air sendiri. Kawasan ini dijaga dengan ketat oleh pasukan bersenjata.

Air menjadi barang yang sangat langka dan berharga, melebihi emas atau

permata.

Disini ditempatku tidak ada lagi pohon karena sangat jarang turun

hujan. Kalaupun hujan, itu adalah hujan asam.Tidak dikenal lagi adanya

musim. Perubahan iklim secara global terjadi di abad 20 akibat efek

rumah kaca

dan polusi.

Kami sebelumnya telah diperingatkan bahwa sangat penting untuk menjaga

kelestarian alam, tetapi tidak ada yang peduli. Pada saat anak

perempuanku bertanya bagaimana keadaannya ketika aku masih muda dulu,

aku menggambarkan bagaimana indahnya hutan dan alam sekitar yang masih

hijau. Aku menceritakan bagaimana indahnya hujan, bunga, asyiknya

bermain air, memancing di sungai, dan bisa minum air sebanyak yang kita

mau. Aku menceritakan bagaimana sehatnya manusia pada masa itu.

Dia bertanya: – Ayah ! Mengapa tidak ada air lagi sekarang ?

Aku merasa seperti ada yang menyumbat tenggorokanku. ..

Aku tidak dapat menghilangkan perasaan bersalah, karena aku berasal

dari generasi yang menghancurkan alam dan lingkungan dengan tidak

mengindahkan secara serius pesan-pesan pelestarian. .. dan banyak orang

lain juga !. Aku berasal dari generasi yang sebenarnya bisa merubah

keadaan, tetapi tidak ada seorangpun yang melakukan. Sekarang, anak dan

keturunanku yang harus menerima akibatnya, Sejujurnya, dengan situasi

ini kehidupan di planet bumi tidak akan lama lagi punah, karena

kehancuran alam akibat ulah manusia sudah mencapai titik akhir.

Aku berharap untuk bisa kembali ke masa lampau dan meyakinkan umat

manusia untuk mengerti apa yang akan terjadi… Pada saat itu masih ada

kemungkinan dan waktu bagi kita untuk melakukan upaya menyelamatkan

planet bumi ini !

Tolong Kirim surat ini ke semua teman dan kenalan anda, walaupun hanya

berupa pesan, kesadaran global dan aksi nyata akan pentingnya

melestarikan air dan lingkungan harus dimulai dari setiap orang.

Persoalan ini adalah serius dan sebagian sudah menjadi hal yang nyata dan terjadi di sekitar kita.

Lakukan untuk anak dan keturunan mu kelak

AIR DAN

BUMI UNTUK MASA DEPAN

Kekeringan

Kekeringan

Bagaimana? Cerita itu bisa jadi benar jika kita tidak segera menyelamatkannya. Di Bumi ini, air yang hanya berjumlah 0,6% itu banyak disia2kan. Terutama di kota tempat saya tinggal, yaitu Jakarta ini. Banyak orang membuang sampah ke sungai, mereka seenaknya saja membuang sampah seolah2 mereka memiliki sungai itu, mereka menganggap bahwa air mampu menghilangkan sampah tersebut. Padahal, ujung2nya sampah tersebut mengalir kemana2 dan akibatnya merepotkan lebih banyak orang lagi.

Sampah di Sungai

Tidakkah itu menyebalkan? Kalau menurut saya, orang2 seperti itu lebih berdosa daripada peminum2an keras, pejudi, atau pencuri. Mengapa? Karena mereka menyusahkan lebih banyak orang dan juga bumi tercinta kita ini, mereka sama saja seperti Koruptor yang merugikan negara bermilyar-milyar. Seperti itulah perusak alam kira2, merusak aset bumi tercinta ini dengan keserakahan mereka. Manusia memang serakah, dan akibat dari keserakahannya. Merekapun akan mendapatkan akibatnya sendiri.

Maka dari itu, sebelum terlambat. Maka :

1. Jangan terlalu banyak menggunakannya : Gunakanlah secukupnya, janganlah terlalu berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik walaupun hal itu adalah hal yang positif.
2. Jangan mengotorinya : Yup, jangan buang sampah sembarangan terutama. Hilangkanlah kegiatan MCK yang menggunakan media sungai secara langsung. Gunakanlah pipa2 seperti Septic Tank.

Ah iya, hal ini juga berlaku pada air tanah. Jangan terlalu banyak menggunakan air tanah, karena air tanah menopang tanah. Jika tidak, tanah akan turun dan sangat berakibat buruk terutama bagi daerah rendah dekat pantai seperti Jakarta. Nanti air laut pun akan naik (Air lautnya naik karena Global Warming, Tanahnya turun akibat penggunaan air tanah berlebihan) dan merendam daerah pantai yang ada… Dan kabar sangat buruknya, jika hal ini terus terjadi. Maka pada Tahun 2012-2015 air tanah di Jakarta akan turun yang berimbas pada turunnya tanah di Jakarta dan mengakibatkan daerah2 pantai Jakarta yang ada saat ini tenggelam untuk selamanya…

Jadi? Tunggu apa lagi? Mari selamatkan air!

Sumber Gambar :

library.thinkquest.org/…/Drought/index.htm

PS : Udah mulai panaskah? ^_^

Iklan

Aksi

Information

17 responses

17 05 2009
Sagara Sousuke Urzu-7

dari kaskus kan ???

17 05 2009
Adriano Minami

Suratnya? Kayaknya sih iya, tp saya nemunya dari Note temen di Facebook

17 05 2009
jensen99

[…] kecuali jika suatu saat manusia dapat mengubah kandungan air laut menjadi seperti air tawar.

Bisa kan? Coba cek ini untuk lengkapnya. CMIIW 😀

17 05 2009
Adriano Minami

Ah iya, mungkin bisa seperti itu…
Tapi, apakah akan benar2 sempurna dan sama seperti air yang ada?

17 05 2009
jensen99

Kenapa tidak? Waktu usai tsunami di Aceh alat untuk memurnikan air laut jadi air tawar itu dipasang pasukan Australia di daerah Kampung Jawa dan kawasan PDAM di Lampineung, Banda Aceh, karena susahnya air bersih saat darurat itu. (info ini sudah dikonfirmasi oleh salah satu blogger Aceh).

18 05 2009
Adriano Minami

Ah iya, hehehe 😀

Maafkan atas ketidaktahuan saya ini 😀

17 05 2009
Generasi Patah Hati

yap, di sekolah pernah disajikan lewat power point malah sama guru saya, saya sih waktu pertama baca udah yakin banget kalo itu hoax 😆
tapi hoax yang bermanfaat sih, jadi meningkatkan kesadaran kita, mari berjuang untuk hidup yang lebih baik 😀

17 05 2009
Adriano Minami

Yup, sama2 😀

Sudahkah anda memulainya?

17 05 2009
hasruL

dunia memang luas… 🙂

17 05 2009
Adriano Minami

Memang, dan masih banyak yg dirahasiakan di dunia ini 😀

18 05 2009
Habibi

Nah yan lumayan panas tuh hahaha

Nih pendapat gue ya memang kemungkinan itu amat besar tapi kalau diliat perkembangan teknologi sekarang gue percaya bakal ada ilmuan yang bisa menghasilkan alat buat menjernihkan air.

Yaah tapi benar kita ngga bisa terlalu berharap buat itu, jadi sebaiknya kita melakuakan hal-hal yang bisa mencegah ancaman itu.

Tap[i tetep aja yan, Post lo selalu keren wahahaha

18 05 2009
Adriano Minami

Untuk sekedar penjernihan air sih sudah ada, dan sudah mulai diterapkan dimana2. Tapi tetep aja air bersih selalu lebih enak dan menyegarkan pastinya 😀

Maka dari itu, janganlah terlalu bergantung dengan teknologi. Teknologi tidak bisa mengalahkan alam 😀

Yup, terima kasih 😀

19 05 2009
akhy

panjang banget =_=
*saveas*

19 05 2009
Adriano Minami

Suratnya ya? Hehehe, perlukah saya edit?

20 05 2009
christian~

yan yang di quote panjang banget mpe pake kacamata gue bsok XD XD

nah yan eco terorism gue rekomendasiin buat masalah ini.
problem solved, right? hehe

eniwei. bekasi memanas yan.. bantar gebang..

20 06 2010
BioSeven Online (www.bioseven.co.cc)

 BioSeven Online  [ HP: 0888 0370 8872 – Telp: (031) 596 6125 – Fax: (031) 591 6046 – email@bioseven.co.cchttp://www.bioseven.co.cc ]

Tahukah anda, mengapa septictank beton (konvensional) seringkali bau, mampet, bocor, cepat penuh & tidak ramah lingkungan?

Karena tangki septik konvensional masih memakai metode resapan, sehingga mencemari lingkungan dengan bakteri patogen dari tinja atau limbah urine, yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan, misalnya, ketika kita mencuci piring atau menggosok gigi, dapat mengakibatkan penyakit seperti disentri, kolera, dll.  

Sebagai solusinya, kini telah hadir BioSeven septictank, dengan Biofilter & Biotech sistem: Bebas bau, Ringan, Praktis tanpa resapan dan Sangat ramah lingkungan, juga bisa ditanam didalam ruangan / gedung, sebagai pengganti septictank konvensional yang sering cepat penuh, bau & tersumbat. (www.bioseven.co.cc)

BioSeven adalah septictank biotech yang termurah dikelasnya !!! 
Dengan kualitas terjamin :
* Ukuran kecil, praktis, langsung tanam tanpa di-cor
* Terbuat dari Fiberglass (Anti bocor & tahan korosi)
* Menggunakan Media Cell dengan mutu dan kualitas terbaik
* Bekerja dengan sistem Anaerob (Tanpa listrik)
* Tanpa resapan (Langsung dibuang keselokan)
* Tidak berbau & anti banjir
* Dilengkapi dengan sistem disinfectant
* Tidak perlu disedot (Bebas perawatan) 
* Tersedia berbagai kapasitas dan ukuran 
* Garansi resmi 5 tahun 
* Free biaya kirim (*P.Jawa, Lampung, Makasar, Banjarmasin & Denpasar)
* Kami hadir di: Jakarta, Semarang, Surabaya, Lampung, Medan, Makasar, Manado, Banjarmasin, Balikpapan & Denpasar

Perhatian: Kami mencari distributor-agen untuk seluruh wilayah Indonesia.

Kami juga membuat segala macam produk Fiber glass & FRP (Grease trap, Toilet portable, Bio Aeration STP-WWTP tanks (IPAL), Roof top-Panel & Silinder Liquid storage tanks, dll) dan semua produk dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan pelanggan dan yang paling penting adalah: 
KAMI TELAH BERPENGALAMAN DALAM BERBAGAI KEBUTUHAN INDUSTRI DAN DENGAN MUDAH MEMBERIKAN PENAWARAN TERBAIK UNTUK PERUSAHAAN ANDA.

24 08 2010
FIRDA

Untuk paragraf pertama saya setuju banget. kenapa? cz aku juga nemuin inspirasi tentang pencemaran air di KM.. hehe

begini,
akuu ada tugas poster ttg pencemaran air, teman..
aku izin copy ya buat tambahan referensi.. thx b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: