Sugesti dan kekuatan gaib

25 02 2009

Fenomena penyembuhan massal terjadi dimana2, seperti Batu Petir dan kasus dukun cilik Ponari yang konon katanya kedua hal itu bisa menyembuhkan penderita berbagai penyakit dengan cara yang amat instan. Bahkan untuk mendapatkan kesembuhan dari itu, mereka harus mempertaruhkan nyawa untuk mendapatkan itu.

Lalu jangan lupa dengan banyaknya pemakaian jimat dalam kehidupan modern ini. Seperti Jimat kekebalan, jimat sukses, dagangan laris, jimat dapat jodoh, dan sebagainya. Mereka mendapatkannya juga dengan proses yang panjang serta menghabiskan biaya yang tak sedikit dengan harapan apa yang mereka cita-citakan itu bisa terkabulkan.

Ada apakah ini?

Melihat hal-hal yang beberapa orang katakan tidak logis dan aneh itu, sepertinya ada suatu kekuatan gaib dan sangat kuat yang menarik orang-orang (khususnya orang awam), suatu kekuatan juga yang mampu menggerakan atau bahkan mencuci otak orang-orang yang sedang bimbang dan penuh keraguan serta keputusasaan. Suatu kekuatan yang bisa membuat kerusuhan Mei 1998 menggila, dan apakah itu?

Sugesti!!!

Apa itu sugesti?

Definisi Sugesti adalah saran, pikiran, dan pendapat orang lain yang diterima seseorang secara langsung tanpa melalui proses berpikir kritis (Trims Pak Marsono :D), proses seperti ini adalah proses yang sangat mudah dilakukan untuk mempengaruhi pikiran seseorang yang sedang tidak memiliki kepastian dan sedang tidak mampu berpikir kritis. Bahkan efek sugesti bisa menjadi suatu hipnotis jika efek tersebut sangatlah kuat.

Efek sugesti tingkat tinggi seringkali digunakan untuk menjebak masyarakat untuk mengikuti sejumlah aliran (yang dianggap) sesat, seperti Lia Eden, Al-Mosshadeq, Mirza Ghulam Ahmad, atau siapa sajalah yang dianggap sesat. Kebimbangan masyarakat mengenai agama yang mereka anut bisa menjadi alasan mengapa mereka bisa tersugesti oleh mereka.

Soekarno juga menggunakan efek sugesti tingkat tinggi itu, jika beliau sedang berpidato semua rakyat langsung terpengaruh dengan beliau. Itulah alasan mengapa ideologi Bung Karno sangat mudah menyebar, bahkan mereka rela berhimpit2an demi mendengarkannya.

Sugesti adalah hipnotis

Seperti yang saya sebutkan di atas, sugesti dapat juga memberikan efek hipnotis. Mari saya jelaskan lebih lanjut.

Misalkan, jika anda sedang kebingungan mencari obat pembersih wajah karena permasalahannya terlalu parah. Lalu anda tiba2 melihat ada iklan Obat pembersih wajah merek OX, andapun langsung berpikiran untuk membeli dan segera mencarinya, padahal anda tidak terlalu tahu betul apakah obat itu benar2 manjur? Apakah cocok?

Anda akan tiba2 saja berpikiran untuk membeli barang itu tanpa mengetahui baik2 apa saja manfaatnya, apa resikonya, dan apa pula dampaknya. Anda akan seperti dihipnotis untuk membeli barang itu.

Bagaimana cara mendapatkan “kekuatan” itu?

1. Milikilah argumen yang kuat, selalu siapkan argumen2 untuk melawan dan selalu siap berpikir kritis. Itu modal utamanya
2. Kosongkan argumen lawan dengan cara menghajar habis2an, kemudian baru anda tawarkan ide anda
3. Semakin tidak kritis lawan anda, makin mudah tentunya untuk mempengaruhinya
4. Jangan lupa beri tahu apa bagusnya ide yang anda tawarkan

Saya rasa saya tidak memiliki kekuatan itu, jadi tidak bisa memberikan ilmu itu.

Iklan

Aksi

Information

6 responses

25 02 2009
TamaGO

PERTAMAX!!!

3 03 2009
Rian Xavier

barusan saya bahas quantum teaching dalam karya ilmiah saya, memang kekuatan sugesti itu juga bisa mempengaruhi orang. Ga nyangka sampe segitunya.

26 03 2009
christian~

well then.. debating plays role here as protector from hi-sugestion effect^^

24 12 2011
firmanpratama

sebenarnya sugesti itu berasal dari bahas inggris yaitu “suggestion” yang artinya saran…

23 04 2014
bugis

kok agan tau kalo soekarno pake sugesti/hipnotis . emang agan kelahiran berapa? kalo cantumin sesuatu di pikir dulu yah pak.

25 11 2014
Apa itu Sugesti? | Indra Widaryanto

[…] tapi tidak sama, pengertian sugesti yang di sampaikan oleh Adriano […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: