Urbanisasi di Jakarta

30 08 2008

Huhhh… Bulan Puasa telah tiba, mari bersihkan hati kita dari segala bentuk kekotoran dan kebusukan. Aminnn… Dan sepertinya Jakarta akan lebih bersih dari berbagai kemacetan en kejahatan karena mudik. Huuu, senangnya amin2. Sepertinya Mudik itu hanya di Indonesia dan apa gitu satu negara lagi yak? Apa yak penyebabnya?

Yak, sebenarnya hal ini terjadi karena satu kata, yaitu URBANISASI. Yak sejak 70an awal, banyak penduduk dari daerah berbondong2 ke Jakarta untuk mencari kehidupan yang lebih baik atau yang lainnya, terbukti penduduk Jakarta antara 1967-1972 naik tajam dr 2 jutaan jadi sekitar 4 juta, karena saat itu Jakarta sudah menjadi kota Metropolitan dibawah (alm) Ali Sadikin, karena (saya rasa) ketidakmerataan pembangunan menjadi penyebabnya, karena dirasa hidup di desa susah mendapat pelayanan kesehatan, pendidikan, dan lainnya, dan akibatnya, untuk tujuan mempermudah hidup, mereka berbondong2 datang ke Jakarta, tanpa kemampuan dan keterampilan khusus…

Dan berpuluh2tahun setelah itu, sekarang barulah terasa dampak besar2annya (Sebenarnya sudah dari 80an awal banyak terjadi), banyak perumahan kumuh, kemacetan, dan kriminalitas. Pengangguran pun terjadi banyak sekali, ternyata Mudik pun turut menambah jumlah penganguran dan kriminalitas en yang pasti kepadatan penduduk, karena ada saja orang yang mereka ajak ke Jakarta dengan iming2an pekerjaan yang menjanjikan, padahal buat yang tidak memiliki ketrampilan seperti mereka2 itu amatamatamatamat suliiiittt karena selain bersaing dengan angkatan2 kerja dari Jakarta dan Sekitarnya yg paling tidak lulusan SMA, pekerjaan sekarang lebih menginginkan pekerja yang memiliki keterampilan, dan akibatnya orang2 yang dibawa ke Jakarta itu malah menambah beban segalanya.

Dan seperti biasa, saya kira pemerintah harus bertanggung jawab mengenai hal ini, andaikata peraturan ditegakkan dan di desa dibuat berbagai fasilitas yang memadai, pastinya tidak akan banyak orang yang akan datang ke Jakarta, dan satu hal, bebaskan biaya pendidikan dan kesehatan (Yang swasta terserah dah) karena ini bisa jadi alasan semua ini. Dan saya himbau kepada orang2 yang mau mudik agar tidak mengajak saudara2 anda yang tidak memiliki kemampuan dan ketrampilan, daripada menjadi beban.

Sekian dulu tulisan ini, mohon maaf jika kurang berkenan , trima kasih semoga puasa anda lancar bagi yang menjalankan sehingga kita menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya

Trims, Adriano Minami.

Iklan

Aksi

Information

3 responses

30 08 2008
Namikaze Cheeza

O_o Urbanisasi…
inget banget gue belajar kelas 5 SD…
di SMP belajar Lagi…
di SMA belajar lagi…

hahhahha,,
IPS lupher, nii!

hidupp pak marsono!!

30 08 2008
Adriano Minami

Pak Marsono Rulez!!!!

Hahaha

18 09 2008
winarto

ohhhh… urban …, gmn ya …solusinya???/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: