Kendaraan Umum di Jakarta

26 08 2008

Kembali lagi bersama Adriano Minami!

Yak, si Ultraseven lg sibuk ngeladenin orang baru yang ngotot pengen bantu urus blog ini, isengnya minta ampuuunnnn. Katanya such dia mau bikin Fanficnya.

Yak, ngmng2 hari ini saya akan membahas tentang masalah transportasi.
Kita tahu bahwa banyak jenis kendaraan umum seperti Metro Mini, Mikrolet, KWK, Kopaja dan sebagainya. Yang dinilai mengganggu ketertiban umum.

Kendaraan ini sangat mengganggu karena suka ngetem sembarangan, ugal2an, dan menurunkan/menaikkan penumpang di sembarang tempat atau bahkan di tengah2 jalan.

Mereka bahkan suka menipu penumpang dengan cara seperti ini seperti yang dialami teman saya. Mereka suka “korupsi” kecil atau bahkan besar. Yak seperti yang dicontohkan oleh para pejabat2nya.

Selain itu, ketidak jelasan siapa pengemudi kendaraan umum tersebut juga bisa menimbulkan kejahatan. Karena identitasnya tidak jelas, maka susah dilacak siapa yang berbuat demikian. Itu juga menyusahkan penegakan umum di masyarakat.

Mereka juga curang, mereka mengemudi ugal2an tanpa memperhatikan keadaan sekitar, lalu ketika hampir terjadi kecelakaan mereka melarikan diri dengan melalui pintu supir yang ada di depan. Meninggalkan penumpang2nya, dan apabila penumpangnya kenapa2 mereka tak mau bertanggung jawab.
YANG SEPERTI INI KADANG2 PERLU SAYA HAJAR!!!

Selain itu, mereka menarik ongkos dengan nilai yang lumayan namun keadaan kendaraan mereka sendiri tak pernah diperhatikan. Boro2 penampilan kendaraannya, mesinnya saja rusak. Apalagi manusia2 supirnya, mereka tidak memperhatikan seragam, malah kadang2 mereka membiarkan perut2 mereka itu ditonjolkan tanpa penutup!!!

Yang saya heran, mengapa pemerintah membiarkan kendaraan2 umum seperti ini? Keadaannya jauh dari kata layak. Dan lagipula bisa2nya kendaraan bekas kecelakaan itu dipakai untuk transportasi rakyat sehari2. Betul2 korupsi yang amat sangat

Herannya, jumlahnya pun sangat banyak, hal ini kadang2 membuat saya prihatin. Terutama di Bogor, pada saat jam2 sepi, saya hanya melihat 2-3 orang saja. Atau malah kebanyakan kendaraan kosong hanya dengan supir dan keneknya.

Kesimpulan saya, kendaraan2 umum seperti itu harus ditinjau ulang dengan cara

1. Memperbaiki kendaraannya : Yak, dengan keadaanny yg sekarang. Kendaraan itu dinilai sangat tidak menarik dan kumuh. Makanya banyak orang yang segan naik kendaraan umum

2. Meningkatkan keamanannya : Yak, kalau perlu setiap kendaraan umum ada securitynya. Dan juga jangan lupa menyertakan identitas pengemudinya

3. Mengurangi Jumlah Pengemudi sekaligus kendaraannya : Terlalu banyak kendaraan umum tidak menyelesaikan masalah, yang terjadi malahan jadi berebutan setoran, pemborosan dari PT Transportasinya, kurang sejahteranya pengemudi itu dan sebagainya. Dan pengemudi2 yang dinilai tidak jujur, ugal2an, dan yang bermasalah lainnya sebaiknya ditiadakan.

Sekian dulu, saya minta maaf jika kurang panjang dan ada kata2 yang salah. Ini hanya untuk sekedar ajang aspirasi dan kritik sosial. Kesempurnaan hanya milik-Nya

Yak, cheers me too! Adriano Minami! Okay?

Trims

Aksi

Information

2 responses

26 08 2008
Shireishou

parah kok emank. Misalnya sajah nih…. aku lihat ad org naik deket bayar cm 2000 kga 2500 dia ngamuknya dah kayak apa. giliran dia kaga ada kembalian, main ngeloyor aja 3000 diobawa pergi
Aku lbh respect kalau dia bilang “Sorry mbak ga ada kembalian” Just take it. gua ikhlas. TP kalau tangan gua mash menyerahkan di dalam pintu mobil trus dia kabur, apa dia pikir tangan gua bs kepotong dibawa pergi? pingin ditimpuk rasanya

26 08 2008
Adriano Minami

Makany sy tidak suka sama kendaraan umum negara ini. Mahal boleh, tp harus yg bgus. Jgn yg ecek2 ini

Tinggalkan Balasan

