Tokusatsu

9 05 2008

Sebenarnya Minami-San ini punya hobi yang aneh menurut kebanyakan orang, hobi ini terasa aneh karena agak jarang yaitu Tokusatsu. Atau bahkan ada yang belum tahu Tokusatsu itu apa?

-What Is Tokusatsu?

Secara bahasa, Tokusatsu dalam bahasa Jepang berarti Special Effect. Namun pada artian secara Harfiahnya Tokusatsu adalah Film (Bukan Kartun) atau Drama yang menggunakan Special Effect

-Early Day Of Tokusatsu

Sebenarnya, pada berabad2 yang lalu, sejenis Tokusatsu telah dipakai untuk kesenian Kabuki. Dengan Aksi, Pertarungan, Dan Special Effect yang masih abal primitif.

Namun jika yang dimaksud adalah Tokusatsu yang Modern, itu baru muncul pada tahun 1950an. Tepatnya 1954 dimana Bapak Special Effect, Eiji Tsuburaya yang juga dikenal sebagai pencipta Ultraman. Dan Ishiro Honda mengadaptasi tokoh Raksasa penghancur kota dari Amerika Serikat (King Kong) yang berbentuk Dinosaurus Klasik yang kemudian dipanggil dengan Godzilla (Gojira). Pembuatan Godzilla ini telah menandai lahirnya Tokusatsu2 lainnya.

Godzilla tetap merajai Cinema Jepang sampai beberapa Dekade, yang kemudian disusul oleh Gomera, King Ghidorah, Mothra, dll. Namun Superhero pertama Jepang baru muncul 3 tahun setelah Godzilla. Tepatnya tahun 1957, sebuah Film Bioskop yang bernama Super Giant langsung meledak ke pasaran. Memulai awal dari Era Tokusatsu superhero (Sama seperti pada tahun 1963 dimana Atom Boy menjadi Anime pertama yang langsung fenomenal). Setahun kemudian, pada tahun 1958 Gekko Kamen (Moonlight Mask) menjadi Tokusatsu Tv Series pertama di Jepang (Padahal saat itu Televisi di Jepang masih barang Mewah) Dan menjadi Legenda para Legenda seperti Kamen Rider, Metal Heroes, dll.

Pada tahun 1960an, Superhero Tokusatsu bermunculan banyak sekali (etapi saat itu temanya dinilai membosankan karena tidak ada hal yang luar biasa) Barulah pada Tahun 1966, Superhero Raksasa seperti Magma Taishi dan Ultraman memberikan warna baru pada Dunia Tokusatsu. Itulah sejarah dari Tokusatsu yang Protagonisnya berukuran Normal, namun bisa membesar.

-Jenis2 Tokusatsu

Sampai saat ini, beberapa Tokusatsu Series yg sudah ada adalah.

1. Ultra Series (1966) :  Toku Series paling lama dan klasik, produksi dari Tsuburaya Pro. Intinya adalah Superhero Raksasa yang berasal dari Planet Lain (Kecuali Gaia & Agul yang berasal dari bumi). Ultraseven, nama blog ini. Juga berasal dari Ultra Series kedua, Ultra Seven (1967). Penjelasan lebih lanjut akan dibicarakan dalam blog lain.

2. Giant Hero Series (1966) : Bersaing dengan Ultra Series, produksi dari P Productions. Intinya adalah Superhero Raksasa (Selain Ultraman) yang berasal dari Bumi atau luar Angkasa. Magma Taishi (Giant Hero pertama) ditayangkan seminggu sebelum Ultraman (Ultraman pertama). Namun Ultra Series tetap dianggap lebih Awal karena Ultra Q. Penjelasan lebih lanjut akan dibicarakan dalam blog lain.

3. Kamen Rider Series (1971) : Seri favorit kebanyakan Tokusatsu Fans. Produksi Toei Company. Bercerita tentang Manusia yang dioperasikan menjadi Kaizo Ningen (Manusia Cyborg) yang berbentuk Serangga. Namun dia menggunakkannya di jalan kebaikan (Namun Rider2 Baru tidak demikian, makanya diprotes) Penjelasan lebih lanjut akan dibicarakan dalam blog lain.

4. Super Sentai Series (1975) : Seri Tokusatsu yang gak pernah putus2 (Paling2 tahun 1978 gara2 Spiderman) Produksi Toei Company. Temanya 5 Jagoan ato Lebih (Kecuali Sun Vulcan (1981) cuma ber3) Yang berwarna-warni (Terbukti menarik perhatian anak2. Namun semenjak 1993 Super Sentai diadaptasi oleh Saban Pro. Menjadi Power Rangers (Sejak saat itu, orang2 banyak nyebut bangsa2 kayak gini Power Rangers) Nyebelin!!!! .Penjelasan lebih lanjut akan dibicarakan dalam blog lain.

5. Metal Hero Series (1982) : Seri Tokusatsu yang pakai teknologi Hi-Tech (kecuali Jiraiya ( 1988 ) yang agak tradisional). Buatan Toei Company. Temanya biasanya Jagoan dari Planet laen trus pake Teknologi Canggih (Jiraiya ( 1988 ) tapi nggak) Anak2 1980an di Indonesia pasti tahu Gavan, Sharivan & Shaider. Itu contohnya. Penjelasan lebih lanjut akan dibicarakan dalam blog lain.

6. Chouseishin Series (2003) : Seri Tokusatsu yang kayak gabungan Sentai ama Metal Hero. Buatan Toho Company. Kurang tahu tentang Info Seri satu ini, Penjelasan lebih lanjut akan dibicarakan dalam blog lain.

Sekian dulu penjelasannya. Beberapa Sub Topik lainnya akan dibicarakan di Lain Waktu, mohon maaf jika ada kesalahan, kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Jadi, Cheers Me and Other Superhero Okay? (Kalo Godzilla yg dicheers, nanti malah ngancurin kota)

Trims, nantikan Blog tentang Ultra Series ama Adaptasi US.

Iklan

Aksi

Information

5 responses

9 05 2008
Unit 076

Huek! Tokusatsu mulu!

Ngga nyeritain ttg “rayon”?

25 10 2008
Agung

salam kenal bung!! boleh tau link sejarah tokusatsunya gak? gw lagi bikin thesis ttg kamen rider nih…hehehehehe…

25 10 2008
Adriano Minami

Ah… Boleh2 saja

Mau sejarah seperti apa?

24 09 2009
13 04 2010
hero factory

Justice Kamen is already on youtube Diponível

The first part of Justice Kamen can already be seen on youtube. This short is a production of the Hero Factory and is based on the fanzine Fernando Pereira Barbosa who also directed the film.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: